Cara Menghilangkan Navbar Blogger

Navbar atau Navigation Bar adalah sebuah frame horizontal yang terdapat dibagian paling atas sebuah blog (platform Blogger). Fitur Navbar ini sebenarnya memiliki fungsi yang cukup penting untuk memandu (navigasi) pemilik blog maupun pengunjung. Adapun beberapa fungsi dan kegunaan dari Navbar seperti dibawah ini:


  • [B]: Dengan mengklik simbol ini akan membawa anda kembali pada www.blogger.com.
  • Search Blog: Fitur ini akan memudahkan anda mencari blog lain dan hasil pencarian akan tampil langsung pada halaman blog tersebut.
  • Follow: Fitur ini berguna jika seorang Blogger ingin mengikuti perkembangan sebuah blog. Jika kita menjadi pengikut sebuah blog maka kita akan mendapatkan update blog itu langsung keblog kita secara otomatis.
  • Share: Fitur ini memiliki fungsi yang sama dengan widget sosial bookmark. Kita bisa mengshare blog yang kita sambangi keberbagai situs sosial bookmark seperti Twitter, Facebook, Google Reader dan lain-lain.
  • Flag Blog (Report Abuse): Fitur ini berguna untuk melaporkan sebuah blog yang memiliki konten atau isi yang berbahaya seperti materi porno, ilegal, SARA, dan materi lainnya yang termasuk kepada pelanggaran TOS Blogger. Dengan menandai sebuah blog yang bermasalah akan menjadi acuan bagi pihak Blogger untuk menindaklanjutinya dengan tindakan seperti memberi peringatan hingga menghapus blog yang bermasalah tersebut.
  • NextBlog: Fitur ini akan membawa anda kepada blog orang lain secara acak, terutama blog yang baru saja mengupdate contentnya.
  • Email Address: jika anda telah log-in anda akan melihat akun (account) anda, yakni email address anda.
  • Dashboard: jika anda telah log in, maka anda akan melihat link (New Post & Costumize) yang membawa pada dashboard anda.
  • Sign In/Out: ini option bagi anda, jika ingin log-in atau log-out.

Dari penjelasan fitur diatas bisa kita lihat fungsi dan kegunaan dari Navigation Bar Blogger. Satu-satunya kelemahan dari Navigation Bar adalah bentuk visualnya yang kaku dan kurang menarik seperti iklan pop-up sehingga mengganggu penampilan desain blog secara keseluruhan. Pada tutorial kali ini kita memiliki dua pilihan tindakan yang akan kita lakukan antara lain mengganti warna navbar atau menghapus navbar. Pilih salah satu sesuai kebutuhan anda.

1. Mengganti Warna Navigation Bar
Jika anda tidak ingin menghapus navbar dan hanya ingin mengganti warnanya agar menyatu dengan warna desain template anda (istilahnya ngeblend) maka anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini;

DASHBOARD ► LAYOUT ► PAGE ELEMENTS, klik pada  "Edit" di kotak NAVBAR dan anda bisa memilih 4 pilihan warna berbeda. Pilihlah warna sesuai selera anda.



2.Menghapus Navigation Bar
Jika anda tetap memilih untuk menghapus Navigation Bar ini dengan alasan mengganggu penampilan desain blog maka anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Sebelum melakukannya lebih baik anda mendownload template anda sebagai back up jika terjadi kerusakan atau eror dalam modifikasi ini. Selanjutnya silahkan anda menuju;

DASHBOARD ► LAYOUT ► EDIT HTML ► Centang EXPAND TEMPLATE WIDGET kemudian temukan kode dibawah ini. Kode ini merupakan kode informasi mengenai template seperti judul template, nama pencipta, alamat URL, tanggal release dan update, dan informasi lainnya. Kode ini biasa terletak dibagian awal template dan mudah untuk ditemukan. Jika anda kesulitan menemukan kode ini maka gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencarian.

Blogger Template Style
Name: Minima
Designer: Douglas Bowman
URL: www.stopdesign.com
Date: 26 Feb 2004
Updated by: Blogger Team
----------------------------------------------- */

Sudah ketemu? Kalau sudah langkah selanjutnya adalah meletakan kode merah dibawah ini tepat dibawah kode diatas.


#navbar-iframe {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none;
}


Sehingga tampilannya seperti dibawah ini.


Blogger Template Style
Name: Minima
Designer: Douglas Bowman
URL: www.stopdesign.com
Date: 26 Feb 2004
Updated by: Blogger Team
----------------------------------------------- */
#navbar-iframe {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none;
}

Setelah selesai SAVE template dan lihat hasilnya. Selamat mencoba. Gudlak! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar